Ads Top

RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum 2013


Berikut ini akan kami bagikan file RPP Kelas 7 SMP Bahasa Inggris Kurikulum 2013
Selamat datang selamat berkunjung di situs kami www.portalguru.online
sebagaimana telah berakhirnya masa Semester 1 maka dalam dunia pendidikan jika telah menjelang semester 2 maka para pengajar telah bersiap-siap dengan segala administrasi yang akan digunakan di semester 2 salah satunya adalah administrasi berupa RPP maka dari itu pada kesempatan kali ini kami bermaksud akan menyajikan file download RPP Bahasa Inggris Kelas 1 SMP untuk para pengunjung.
sebagai bahan referensi maupun acuan dalam penyusunan RPP SMP Bahasa Inggris file ini dapan anda download dengan sangat mudah tanpa embel-embel iklan karena kami tahu bahwasanya kenyamanan anda dalam berselancar di dunia maya adalah prioritas kami untuk anda.

Berikut cuplikan file RPP Bahasa Inggris Kela VII SMP Semester 2


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP 3.1 / 4.1 (1))

Satuan Pendidikan      : MTs. Wachid Hasyim
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII (Tujuh)/I (Satu)
Materi Pokok              : Chapter I : Good Morning, How are you? - Greetings
Alokasi Waktu            : 3 x 2 JP (3 Pertemuan)

A.      Kompetensi Inti 
KI 1  Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  Menghargai perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4  Mencoba, mengolah, dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1     Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.1        Melafalkan ungkapan sapaan dan responnya.
3.1.2        Mengidentifikasi struktur teks ungkapan sapaan dan responnya.
3.1.3        Mengidentifikasi struktur teks ungkapan sapaan dan responnya.
3.1.4        Mengidentifikasi fungsi sosial dari ungkapan sapaan dan responnya.
4.1     Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.1.1    Menyusun kalimat acak yang mengandung ungkapan sapaan dan responnya secara tertulis.
4.1.2 Mengisi dialog rumpang tentang ungkapan sapaan dan responnya.
4.1.3 Mengisi ungkapan sapaan yang tepat sesuai dengan waktunya.
4.1.4 Mempresentasikan hasil diskusi siswa yang mengandung ungkapan sapaan dan responnya.
4.1.5 Membuat percakapan yang mengandung ungkapan sapaan dan responnya secara tertulis.
4.1.6   Membuat percakapan singkat yang mengandung ungkapan sapaan dan responnya sesuai dengan situasi yang diberikan guru.
4.1.7 Mempresentasikan hasil diskusi  siswa yang mengandung ungkapan sapaan serta responnya.
4.1.8 Melakukan percakapan yang mengandung ungkapan sapaan.
4.1.9 Melakukan role-play yang mengandung ungkapan sapaan

C.    Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan I :
Setelah mengikuti proses pembelajaran  peserta didik dapat:
1.                                                                            Peserta didik mampu melafalkan ungkapan sapaan dan responnya.
2.    Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur teks ungkapan untuk sapaan, serta responnya sesuai dengan konteks.
3.    Peserta didik mampu menyusun kalimat rumpang tentang ungkapan sapaan dan responnya.
4.    Peserta didik mampu mengisi dialog yang rumpang tentang ungkapan sapaan dan responnya.
5.    Peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi  siswa yang mengandung ungkapan sapaan serta responnya.
Pertemuan II :
Setelah mengikuti proses pembelajaran  peserta didik dapat:
1.      Peserta didik mampu menuliskan ungkapan sapaan yang tepat dan sesuai dengan waktunya.
2.      Peserta didik mampu mengidentifikasi unsur kebahasaan ungkapan sapaan dan responnya  sesuai dengan konteks.
3.      Peserta didik mampu membuat percakapan yang mengandung ungkapan sapaan dan responnya secara tertulis.
4.      Peserta didik mampu melakukan percakapan yang mengandung ungkapan sapaan secara lisan.

Pertemuan III :
Setelah mengikuti proses pembelajaran  peserta didik dapat:
1.             Peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan sapaan.
2.             Peserta didik mampu membuat percakapan singkat yang mengandung ungkapan sapaan dan responnya sesuai dengan situasi yang diberikan guru.
3.             Peserta didik melakukan role-play yang mengandung ungkapan sapaan.

D.    Materi Pembelajaran
a.       Materi Reguler
Tema :
Chapter  I – Good morning.  How are you?
Topik             :
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun dan peduli.

Fungsi Sosial              :
Melakukan hubungan interpersonal dengan guru dan teman, dengan menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, terimakasih, permintaan maaf, dan responnya.

Struktur Teks             :
Ungkapan Sapaan
o  Hello! Hi!
o  Good morning. Morning.
o  How are you? Fine, thank you. And you?
o  How’s it going? Very well, thank you and how are you?
o  How’s life? Very well, thank you.
Unsur Kebahasaan      :
a.    Kosa kata dan tata bahasa baku
b.    Ucapan, tekanan kata, intonasi
c.    Ejaan dan tanda baca
d.   Tulisan tangan

b.      Materi Remidi
1.     Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya

e.       Materi Pengayaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.

E.     Metode Pembelajaran
Pertemuan I     : Scientific Approach
Pertemuan II   : Scientific Approach
Pertemuan III  : Scientific Approach

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
·      Video
·      Power point slide
·      Papan Tulis
2.    Alat
·      LCD
·      Spidol
·      Speaker

3.    Bahan
·                     Model dialog tentang ekspresi greetings
G.    Sumber Pembelajaran
·      Buku pelajaran siswa: When English Rings a Bell 
·      LKS siswa: English Framework Based on Curriculum 2013 For SMP VIIA
·      Sumber dari internet:
-       www.dailyenglish.com

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


Text Box: Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
 



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
o    Guru memberi salam (greeting);
o    Guru memeriksa kehadiran siswa;
o    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
o    Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
o    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
o    Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
o    Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.

10 menit
Inti
Scientific Approach

Langkah 1. Mengamati
o    Siswa mengamati contoh ungkapan untuk menyapa orang.
o    Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa orang, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, How are you?
o    Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk merespon sapaan, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, I’m fine, thank you

Langkah 2. Merumuskan Pertanyaan atau Hipotesis
o    Siswa mengajukan pertanyaan tentang isi teks, makna kata, tata bahasa, struktur teks, fungsi komunikatif teks, serta hal-hal lain yang ingin diketahui dengan cara yang sederhana.
Langkah 3. Mengeksplorasi
o    Siswa dapat membedakan struktur teks ungkapan sapaan dan responnya.

Langkah 4. Mengasosiasi
o    Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 4 (orang).
o    Siswa menerima pembagian contoh teks dialog yang mengandung ungkapan sapaan dan responnya
o    Siswa menggaris bawahi ungkapan sapaan yang terdapat dalam teks yang disediakan oleh guru secara berkelompok.
o    Siswa menyusun ungkapan yang disusun secara acak menjadi ungkapan sapaan yang benar secara berkelompok.
o    Siswa melengkapi dialog rumpang dengan ungkapan sapaan lainnya secara berkelompok.

Langkah 5. Mengomunikasikan
o    Setiap kelompok maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi dan temuan mereka tentang ungkapan sapaan.
o    Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman konsep siswa tentang materi yang sedang dipelajari.

Langkah 6. Refleksi
o     Peserta  didik  melakukan  reflesi,  resume  dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait greeting and its responses
o     Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
60 menit
Penutup
o    Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
o    Siswa dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
o    Guru memberikan tugas yang terdapat pada LKS siswa.
o    Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
o    Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.
10 menit
Penugasan:
A.      Identify the expression of greetings and its responses!
A : Good morning, Budi. How are you today?
B : Good morning. I’m fine thank you. and you?
A : I’m fine too thank you.
B.      Arrange the jumbled to be a good expressions!
1.    you – fine  – I’m – thank – (.)
2.    are – you – How – doing – (?)
  1. Fill the dialog below using greeting expressions!
Shane     : Hi, Kelly. (8) ............................
Kelly       : (9) ......................... Good afternoon.
Shane     : (10) .........................
Shane     : I’m very well, thank you. (11) ..................?
Kelly       : I’m not feeling well.



Text Box: Pertemuan II (Kedua) (2 Jam Pelajaran/80 menit) 

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
o    Guru memberi salam (greeting);
o    Guru memeriksa kehadiran siswa;
o    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
o    Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
o    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
o    Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
o    Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.

10 menit
Inti
Scientific Approach

Langkah 1. Mengamati
o    Siswa mengamati contoh ungkapan untuk menyapa orang.
o    Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa orang, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, How are you?
o    Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk merespon sapaan, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, I’m fine, thank you

Langkah 2. Merumuskan Pertanyaan atau Hipotesis
o    Siswa mengajukan pertanyaan tentang isi teks, makna kata, tata bahasa, struktur teks, fungsi komunikatif teks, serta hal-hal lain yang ingin diketahui dengan cara yang sederhana.
Langkah 3. Mengeksplorasi
o    Siswa dapat membedakan unsur kebahasaan dari ungkapan sapaan dan responnya.

Langkah 4. Mengasosiasi
o    Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 2 (orang).
o    Siswa diminta menuliskan ungkapan sapaan yang tepat dan  sesuai dengan waktunya.
o    Secara berpasangan siswa membuat percakapan (dialog) yang mengandung ungkapan sapaan dan responnya secara tertulis.
o    Siswa diminta menggarisbawahi ungkapan sapaan yang mereka gunakan dalam dialog yang mereka buat.

Langkah 5. Mengomunikasikan
o    Secara berpasangan siswa maju ke depan untuk melakukan percakapan yang telah dibuat.
o    Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman konsep siswa tentang materi yang sedang dipelajari.

Langkah 6. Refleksi
o     Peserta  didik  melakukan  reflesi,  resume  dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait greeting and its responses
o     Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
60 menit
Penutup
o    Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
o    Siswa dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
o    Guru memberikan tugas yang terdapat pada LKS siswa.
o    Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
o    Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.
10 menit
Penugasan:
Works Individual
Students fill the column with the correct greetings expressions depends on the time given.
No.
Time
What will you say?
1.
06.00
Good morning
2.
13.00
.....................................
3.
19.00
.......................................

Work in pairs
o  Make a short conversation using greeting expressions (free topic)
o  Practice the dialogue that have you made.





Text Box: Pertemuan III (Ketiga) (2 Jam Pelajaran/80 menit) 

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
o    Guru memberi salam (greeting);
o    Guru memeriksa kehadiran siswa;
o    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
o    Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
o    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
o    Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
o    Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.

10 menit
Inti
Scientific Approach

Langkah 1. Mengamati
o    Siswa mengamati contoh ungkapan untuk menyapa orang.
o    Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa orang, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, How are you?
o    Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk merespon sapaan, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, I’m fine, thank you

Langkah 2. Merumuskan Pertanyaan atau Hipotesis
o    Siswa mengajukan pertanyaan tentang isi teks, makna kata, tata bahasa, struktur teks, fungsi komunikatif teks, serta hal-hal lain yang ingin diketahui dengan cara yang sederhana.
Langkah 3. Mengeksplorasi
o    Siswa dapat membedakan fungsi sosial dari ungkapan sapaan dan responnya.

Langkah 4. Mengasosiasi
o    Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 2 (orang).
o    Secara berpasangan siswa membuat percakapan (dialog) yang mengandung ungkapan sapaan dan responnya secara tertulis dengan situasi yang diberikan guru.
o    Siswa diminta menggarisbawahi ungkapan sapaan yang mereka gunakan dalam dialog yang mereka buat.

Langkah 5. Mengomunikasikan
o    Secara berpasangan siswa maju ke depan untuk melakukan role-play sesuai dengan dialog yang telah dibuat.
o    Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman konsep siswa tentang materi yang sedang dipelajari.

Langkah 6. Refleksi
o     Peserta  didik  melakukan  reflesi,  resume  dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait greeting and its responses
o     Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
60 menit
Penutup
o    Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
o    Siswa dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
o    Guru memberikan tugas yang terdapat pada LKS siswa.
o    Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
o    Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.
10 menit
Penugasan:
Work in pairs
Make a dialogue using greeting expressions based on the situation below!
Situations :
A : Toni is your new neighbour. You greet him and he responses nicely.
B : Diana will go to the market at 17.00 p.m. You meet her at the street. You greet her and she        responses nicely
C : Joko and Dini accidently meets on the street at 12.00 p.m. They greet each others.
D :You meet your friend at 6.30 a.m. You have to say hello first, ask and answer his/her        question.
E : Aldi wants to go to bed. He greets to her mother to go to his bedroom.

Example:  
D : You meet your friend at 6.30 a.m. You have to say hello first, ask and answer his/her question.
                Melly              : Hello, Timi! Good morning.
Timi      : Hi, Melly. Good morning. How are you doing?
Melly    : I’m fine thank you. How about you?
Timi      : I’m fine too. By the way, where do you want to go?
Melly    : I want to go to Alfa Mart. And you?
Timi      : I just want to go to my grandma’s house.
Melly    : Oh, I see.
Please practice the conversation that you have made with your partner in front of the class!

I.       Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Sikap spiritual
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)

b.    Sikap sosial
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)
2.
Penilaian
Diri
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)
3.
Penilaian
antar teman
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)


c.    Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Tes Tulis
Menggaris bawahi,
isian, dan/atau
lainnya
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)

d.      Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Portofolio
1. Tes Tulis (Membuat dialog)
2. Tes Lisan
(Melakukan percakapan)
1. Make a dialogue about greeting expressions!

2. Practice a dialogue that you have made!
Selama KBM berlangsung
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)



















1.    Pembelajaran Remedial
a.       Bentuk program pembelajarn remedial
·         Jika peserta 50 %  dilakukan dengan pembelajaran ulang.
·         Jika peserta 20 % - 49% dilakukan dengan pemberian tugas kelompok
·         Jika peserta kurang dari  20%  dilakukan bimbingan secara khusus.
b.  Tes ulang
c.   Pembelajaran remedial  dan tes ulang dilaksanakan diluar jam tatap muka.

2.      Pembelajaran Pengayaan
a. Melakukan identifikasi kemampuan belajar peserta didik dengan pengamatan
b. Pelaksanaan pembelajaran pengayaan dengan kegiatan penugasan untuk menambah
    nilai peserta didik.



Mengetahui                                                                                         Surabaya, 20 Juli 2017
Kepala MTs. Wachid Hasyim                                                                Guru Bahasa Inggris



Drs. Supriyanto, MM                                                               Ninda Roudlotul Rizky, S.Pd
NRG.                                                                                          NRG.







 
untuk selanjutnya silakan kepada bapak/ibu guru serta pengunjung sekalian jika menginginan file RPP Kelas VII SMP Bahasa Inggris anda dapat mengunduhnya melalui link download yang telah kami cantumkan  di bawah

Link Download :

[download] RPP Kelas 7 B. Inggris Good Morning, How are you? - Greeting
[download] RPP Kelas 7 B Inggris Good Morning, How are you? – Leave Taking
[download] RPP Kelas 7 B. Inggris Good Morning, How are you? - Thanking
[download]RPP Kelas 7 B. Inggris Good Morning, How are you? - Apolozing
[download] RPP Kelas 7 B. Inggris  It’s Me! -  ntroduction
[download] RPP Kelas 7 B. Inggris  Introduction (Evaluasi Diri 2) 
[download] RPP Kelas 7 B. Inggris  (What time is it? - Time)
[download] RPP Kelas 7 B. Inggris  (What time is it? – Days)
[download] RPP Kelas 7 B. Inggris What time is it? – Months)
[download] RPP Kelas 7 B. Inggris (What time is it? – Date and Year)
[download] RPP Kelas 7 B. Inggris What Time is it? (Evaluasi Diri 3)
[download] RPP Kelas 7 B. Inggri (Things in My World)
[download] RPP Kelas 7 B. Inggris (This is My World (Evaluasi Diri 4)
[download] RPP Kelas 7 B. Inggris (This is My World (Evaluasi Diri 1)
Demikian
lah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini semoga file RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP semoga dapat memberikan manfaat bagi senua amin
Jangan lupa selalu kembali berkunjung di ww.bursakerja.online.

No comments:

Powered by Blogger.