Kompetensi Dasar KD SMP Kelas 8 Semester 1 Semua Mapel untuk E raport
Selamat Berkunjung di gurungajardownload.blogspot.co.id
Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada pengunjung sekalian Kompetensi Dasar KD SMP Kelas 8 Semester 1 Semua Mapel untuk E raport. sebagai bahan referensi anda dalam pengisian e raport maka kami harap dapat membantu pekerjaan anda sekalian.
Berikut ini Kumpulan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 8 SMP Semester 1 edisi revisi 2017 Semua mata pelajaran yang ditujukan untuk mempermudah rekan guru di sekolah binaan dalam Pengisan E Rapor.
Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada pengunjung sekalian Kompetensi Dasar KD SMP Kelas 8 Semester 1 Semua Mapel untuk E raport. sebagai bahan referensi anda dalam pengisian e raport maka kami harap dapat membantu pekerjaan anda sekalian.
Berikut ini Kumpulan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 8 SMP Semester 1 edisi revisi 2017 Semua mata pelajaran yang ditujukan untuk mempermudah rekan guru di sekolah binaan dalam Pengisan E Rapor.
KD (KOMPETENSI DASAR) PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) KELAS 8 SMP SEMESTER
1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
|
memahami Q.S. al- Furqān/25: 63,
Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan Hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan
hidup sederhana
|
3.2
|
memahamiQ.S. an-Nahl/16: 114 dan
Hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi
dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.3
|
memahami makna beriman kepada
Kitab-kitab Allah Swt.
|
3.4
|
memahami makna beriman kepada Rasul
Allah Swt.
|
3.5
|
memahami bahaya mengonsumsi minuman
keras, judi, dan pertengkaran
|
3.6
|
memahami cara menerapkan perilaku
jujur dan adil
|
3.7
|
memahami cara berbuat baik, hormat,
dan patuh kepada orang tua dan guru.
|
KD Keterampilan
4.1
|
membacaQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S.
al-Isrā’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan tartil.
|
4.2
|
membacaQ.S. an-Nahl/16: 114 serta
Hadis terkait dengan tartil.
|
4.3
|
menyajikan dalil naqli tentang
beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
|
4.4
|
menyajikan dalil naqli tentang iman
kepada Rasul Allah Swt
|
4.5
|
menyajikan dampak bahaya
mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran.
|
4.6
|
menyajikan cara menerapkan perilaku
jujur dan adil
|
4.7
|
menyajikan cara berbuat baik,
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
|
KD (KOMPETENSI DASAR) PPKN (PKn) KELAS 8 SMP SEMESTER 1 EDISI REVISI
2017
KD Pengetahuan
3.1
|
Menelaah pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa
|
3.2
|
Menelaah makna, kedudukan dan
fungsi Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta
peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum nasional
|
3.3
|
Memahami tata urutan peraturan
perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di Indonesia
|
KD Keterampilan
4.1
|
Menyaji hasil telaah nilai-nilai
pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.2
|
Menyajikan hasil telaah makna,
kedudukan dan fungsi Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
dalam penerapan kehidupan sehari-hari
|
4.3
|
Mendemonstrasikan pola pengembangan
tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional
di Indonesia
|
KD (KOMPETENSI DASAR) BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP SEMESTER 1 EDISI
REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
|
Mengidentifikasi unsurunsur teks
berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
3.2
|
Menelaah struktur dan kebahasaan
teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca berita
|
3.3
|
Mengidentifikasi informasi teks
iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar
|
3.4
|
Menelaah pola penyajian dan
kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan
memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
|
3.5
|
Mengidentifikasi informasi teks
eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan
dibaca yang didengar dan dibaca
|
3.6
|
Menelaah isi dan struktur teks
eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
3.7
|
Mengidentifikasi unsurunsur
pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
3.8
|
Menelaah unsur-unsur pembangun teks
puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
KD Keterampilan
4.1
|
Menyimpulkan isi dari berita
(membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
|
4.2
|
Menyajikan data, informasi dalam
bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur,
kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik)
|
4.3
|
Menyimpulkan isi iklan, slogan,
atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
|
4.4
|
Menyajikan gagasan, pesan, ajakan
dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis
|
4.5
|
Menyimpulkan isi teks eksposisi
(artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan
dibaca
|
4.6
|
Menyajikan gagasan, pendapat ke
dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan
tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
|
4.7
|
Menyimpulkan unsurunsur pembangun
dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.8
|
Menyajikan gagasan, perasaan,
pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan
unsurunsur pembangun puisi
|
KD (KOMPETENSI DASAR) MATEMATIKA KELAS 8 SMP SEMESTER 1 EDISI REVISI
2017
KD Pengetahuan
3.1
|
Membuat generalisasi dari pola pada
barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
3.2
|
Menjelaskan kedudukan titik dalam
bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
3.3
|
mendeskripsikan dan menyatakan
relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel,
grafik, diagram, dan persamaan)
|
3.4
|
menganalisis fungsi linear (sebagai
persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual |
3.5
|
menjelaskan sistem persamaan linear
dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
KD Keterampilan
4.1
|
Membuat generalisasi dari pola pada
barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
4.2
|
Menjelaskan kedudukan titik dalam
bidang
koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual |
4.3
|
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi
|
4.4
|
menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
|
4.5
|
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
KD (KOMPETENSI DASAR) IPA KELAS 8 SMP SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
|
Menganalisis gerak pada makhluk
hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
|
3.2
|
Menganalisis gerak lurus, pengaruh
gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak
benda dan gerak makhluk hidup
|
3.3
|
Menjelaskan konsep usaha, pesawat
sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot
pada struktur rangka manusia
|
3.4
|
Menganalisis keterkaitan struktur
jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh
struktur tumbuhan
|
3.5
|
Menganalisis sistem pencernaan pada
manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan,
serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
|
3.6
|
Menjelaskanberbagai zat aditif
dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta
dampaknya terhadap kesehatan
|
KD Keterampilan
4.1
|
Menyajikan karya tentang berbagai
gangguan pada sistem gerak, serta upaya
menjaga kesehatan sistem gerak manusia |
4.2
|
Menyajikan hasil penyelidikan
pengaruh gaya terhadap gerak benda
|
4.3
|
Menyajikan hasil penyelidikan atau
penyelesaian masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.4
|
Menyajikan karya dari hasil
penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi
dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
|
4.5
|
Menyajikan hasil penyelidikan
tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
|
4.6
|
Membuat karya tulis tentang dampak
penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
|
KD (KOMPETENSI DASAR) IPS KELAS
8 SMP SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
|
memahami perubahan keruangan dan
interaksi antarruang di Indonesia dan
negara-negara ASEAN yang diakibatkan
oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik)
dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
politik
|
3.2
|
interaksi sosial dalam ruang yang
berbeda terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan
kebangsaan
|
KD Keterampilan
4.1
|
menyajikan hasil telaah tentang
perubahan keruangan dan interaksi antar ruang di Indonesia dan negara-negara
ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi,
pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik |
4.2
|
menyajikan hasil analisis tentang
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan |
KD (KOMPETENSI DASAR) BAHASA INGGRIS KELAS 8 SMP SEMESTER 1 EDISI
REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
|
menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai
kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
3.2
|
menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan
kemauan, melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan can, will) |
3.3
|
menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan,
larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur
kebahasaan must, should)
|
3.4
|
menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan menyuruh, mengajak, meminta ijin, serta menanggapinya,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.5
|
membandingkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
greeting cards, dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan hari-hari
spesial, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.6
|
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keberadaan orang, benda, binatang, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan there is/are)
|
3.7
|
menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau
merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan simple present tense)
|
KD Keterampilan
4.1
|
menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, serta
meminta dan mengungkapkan pendapat, dan menanggapinya dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
4.2
|
menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait kemampuan dan kemauan,
melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.3
|
menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan
himbauan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.4
|
menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan menyuruh, mengajak, meminta ijin, dan menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
4.5
|
menyusun teks khusus dalam bentuk
greeting cards, sangat pendek dan sederhana, terkait harihari spesial dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
4.6
|
menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keberadaan orang, benda,
binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.7
|
menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan / ndakan / kegiatan /
kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
KD (KOMPETENSI DASAR) PENJASORKES KELAS 8 SMP SEMESTER 1 EDISI REVISI
2017
KD Pengetahuan
3.1
|
Memahami variasi gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
|
3.2
|
Memahami variasi gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
|
3.3
|
Memahami variasi gerak spesifik
jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau
tradisional
|
3.4
|
Memahami variasi gerak spesifik
seni beladiri
|
3.5
|
Memahami konsep latihan peningkatan
derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan,
kelincahan, keseimbangan, dan kordinasi) serta pengukuran hasilnya
|
KD Keterampilan
4.1
|
Mempraktikkan variasi gerak
spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
|
4.2
|
Mempraktikkan variasi gerak
spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
|
4.3
|
Mempraktikkan variasi gerak
spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional
|
4.4
|
Mempraktikkan variasi gerak
spesifik seni beladiri
|
4.5
|
Mempraktikkan latihan peningkatan
derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan,
kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya
|
KD (KOMPETENSI DASAR) SENI BUDAYA KELAS 8 SMP SEMESTER 1 EDISI REVISI
2017
KD Pengetahuan
3.1
|
memahami unsur, prinsip, teknik dan
prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan
|
3.2
|
memahami prosedur menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
3.3
|
memahami teknik dan gaya menyanyi
lagu-lagu daerah
|
3.4
|
memahami teknik dan gaya lagu
daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
|
KD Keterampilan
4.1
|
menggambar menggunakan model dengan
berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan
|
4.2
|
menggambar illustrasi dengan teknik
manual atau digital
|
4.3
|
menyanyikan lagu-lagu daerah yang
sesuai dengan teknik, gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan
|
4.4
|
menyanyikan lagu-lagu daerah dengan
dua suara atau lebih secara berkelompok
|
KD (KOMPETENSI DASAR) PRAKARYA KELAS
8 SMP SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017
KD Pengetahuan
3.1
|
komoditas ternak kesayangan
(kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang
dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
|
3.2
|
memahami kebutuhan dan
karakteristik sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan (kelinci,
hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
|
3.3
|
memahami tahapan budidaya ternak
kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan
lain-lain)
|
3.4
|
menganalisis komoditas satwa
harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang
dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
|
3.5
|
memahami kebutuhan dan
karakteristik sarana dan peralatan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto,
ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
|
3.6
|
memahami tahapan budidaya satwa
harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
|
KD Keterampilan
4.1
|
komoditas ternak kesayangan
(kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang
dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
|
4.2
|
mempersiapkan sarana dan peralatan
budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil,
kucing, dan lain-lain)
|
4.3
|
mempraktikkan tahapan budidaya
ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan
lain-lain)
|
4.4
|
menerapkan komoditas satwa harapan
(jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat
dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
|
4.5
|
menentukan sarana dan peralatan
ternak satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan
lain-lain)
|
4.6
|
mempraktikkan budidaya satwa
harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
|
Demikian Kumpulan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 8 SMP Semester
1 edisi revisi 2017 (Format Doc) Untuk Pengisan E Rapor SMP. atas kunjungannya kami ucapkan terima kasih. jangan lupa selalu kunjungi kami gurungajardownload.blogspot.co.id
No comments: